Tuesday 7 March 2017

Tak Kenal Maka Tak Sayang - Fanny's version

Hai2!

Pertama2, thanks dan proficiat *halah* buat Nyonya Blogger Evita yang udah berhasil membangunkan sang blogger malas ini untuk menulis setelah hampir setengah taon. Haha *ga bangga* *tutup muka*. Knapa ya kok gw jadi males *padahal emang males*. Musti semangat ni abis ini. Hahaha. Padahal topik mah banyak banget di kepala. Cuma kalah sama malesnya. Postingan jalan2 ke US aja udah sangat basi, cuma bahas 2 state dari sekitar 7 state dan 11 kota yang didatengin. Huhu. Yasudahlah, aku harus jadi lebih rajin! *self motivation* Jia you, Fanny! 

Oke sekarang saatnya cerita all about Fanny yah. Lol. Let's start!

P.S: bakalan panjang :p, dan banyak yang "dilirik"

1. I was born (not raised) as a strong willed person. Like, really. Yah bahasa kasarnya: keras kepala. Banget. hahaha. Dari kecil, gw itu udah kekeuh banget kalau mau A musti bisa dapetin A. And I will try hard to get it, in a good and bad way tentunya. Haha. Pokoknya dari kita 5 bersaudara, cuma gw yang kayak gini. Makanya gw nulis bukan karena didikan. Emang dari lahir aja udah begini karakternya. Haha. 

2. Berkaitan dengan nomor 1 (the strong will trait), ternyata waktu tes kepribadian pas jaman OSIS di SMA, gw itu true choleric person. Saking parahnya, jadi kan ada 4 kepribadian yah (bisa digugel). Koleris, plegmatis, melankolis, sanguinis. Jadi waktu tes itu kayak persentase kolerisnya sekitar 80-90%, sisanya dibagi 3 sama rata. Wkwkw. Padahal ya rata2 banyakan orang itu ada 2 yang dominan. Misalnya, koleris 35, plegmatis 35, baru sisanya lebih dikit. Ga jomplang. But not in my case. Tapi itu dah berapa belas taon lalu ya, kayaknya sekarang udah berubah de persentase yang laennya naek. FYI, koleris itu yang tipe2 gimana ya. Hmm, bahasa bagusnya pemimpin, bahasa jeleknya tukang nyuruh nyuruh. Makanya dari SD gw sering jadi ketua kelas. Haha. Pas. 

3. I am an observer. Dan gw suka sotoy menilai orang (bukan judging gimana ya), lebih kayak "ngebaca" tipe dan karakter orang. Jadi misal di dalam satu kelompok, ada yang salah paham apa ngga ngerti gitu, nah biasa gw yang bantu lurusin, maksudnya gini loh si A. Karena kadang ngga nyampe maksudnya si A ke B. Btw ini berlangsung dari dulu, bukan spesifik ngomongin grup WA *lirik nova* Hahahaha. Dan sekalian deh, karena gw observer ini, ga gampang dialihkan perhatiannya kalo ada yang mau ditutupin *yang ini lirik Epoi* Wwkkww

4. Waktu TK A, gw pernah mau dilompatin langsung ke kelas 1 karena dinilai mampu. Tapi yang masih gw inget sampe sekarang, begitu masuk kelas 1 SD, gw langsung gabung sama kakak kelas yang notabene gw ga kenal sama sekali. Alhasil, gw minder parah dan mayan stress dan jadi ga konsen belajar. Diturunin lagi deh ke kelas TK B "hai teman teman!" LOL. 

5. Dan waktu kelas 1 sampe 2 SD, gw juga termasuk yang masih minder dan kuper dan pemalu di sekolah. Sampe di kelas 3 SD, I met a teacher that changed my life forever. Namanya Ibu Kristiani, and somehow, she could see my true personality. Jadi beliau ini berhasil boost rasa percaya diri gw, dengan cara diangkat jadi Ketua Kelas, dibimbing pelajaran, sering diajak ngobrol, dll. Thanks to her, sejak saat itu (bukan pamer), gw berhasil di dalam akademis gw, Rangking 1 sampe kelas 6 SD, lulusan terbaik pas SD, SMA, dan kuliah dan selalu 3 besar di SMP. All thanks to her. :) Sebelumnya paling mentok di 5 besar dan 10 besar aja. Bukan akademis aja, sejak saat itu ya gw sering jadi ketua kelas, OSIS, dan kegiatan2 leadership semacam itu. Thanks Bu for your dedication :')

6. Cita cita dulu? As weird as it can be. Sekretaris. LOL. *lirik olive* Bukan pekerjaannya aneh ya, cita cita anak SDnya yang aneh. Kenapa pengen jadi sekretaris? Simpel. Gw demen maen tulis tulis waktu itu. Gw kira yang kerjaannya tulis2 kayak gitu ya sekretaris. haha. Ya ga si liv? Terus pas SMP onwards yah udah lebih nyambung sama sekarang. Jadi dosen. wakakaka *apanya nyambung*, sekarang jadinya peneliti. Tapi ya ga menutup kemungkinan kan masi bisa jadi dosen suatu saat. Haha. Gw demen ngajar soalnya. Dan dari SMA sampe kuliah gw ngelesin anak SD-SMP. Beberapa dari murid gw itu masi kontekan deket sampe sekarang. hehe. 

7. Waktu SMP, (well, ini gw ceritanya berurutan supaya nyambung dari kecil sampe sekarang, haha) gw fokus banget di akademis karena pelajaran SD ke SMP rada beda ya. Lebih advance banget. Terutama Fisika (Oh, how I loathe u physics. LOL). Dan walopun gw punya geng pertemanan saat itu (yang awet sampe sekarang) tapi gw kayak didn't give #^%$ buat pertemanan itu. I had almost zero empathy. Waktu itu buat gw pertemanan ya udah cuma buat temen makan siang. haha. Gw ga suka yang orang curhat2 gajelas, nangis2. Menurut gw waktu itu kayak ih Drama Queen banget sih! Lebay! (TAPI ITU DULU YAAA) hahaha. Disclaimer. Sekarang dah ga kayak gitu kok hahaha. Jadi berubahnya itu karena temen baik gw (sampe sekarang) yang sampe ngomong dan marahin gw, kalo itu just not right! Maksud dia, gw keterlaluan kejamnya hahaa. Dan sejak itu, gw tersadar kalo yah musti socialize ya sama temen2. Berempati, merasakan suka duka bersama sama *halah* Akirnya sejak itu naek ke kelas 2 dan 3 SMP I had the best youth life EVER! Seru bangetttt kompak sama mereka. I love my gang (lol), I love my School (Santa Maria Juanda, hi Ci Feli!), I love my teenage lifeee *norak*. No regrets deh. 

8. I have a very strong memory, bisa ditanya ke yang deket deket gw. Haha. Tapi sejak gw jadi mama, keknya kemampuan ini menurun hahaha alias jadi distracted banget. Lupaan. Lol. Good memory ini jadi bumerang juga lah ya buat gw kadang, jadi ga gampang lupa sama kesalahan orang. Lol. Kalo manfaatnya, yah di bidang akademis *again*. Gw itu sampe tahap ENJOY menghafal. Saking parahnya, pas kuliah ada 1 mata kuliah yang ancur banget dosennya. Ga jelas sama sekali. Pas ujian akhir, gw bener2 ngapalin doank 1 buku pegangan, tanpa mengerti artinya. Bener2 gw apalin doank. Alhasil nilainya gimana? 96 (tuh gw inget angkanya). Padahal rata rata kelasnya 40 sekian. Ahahaha *disinisin sekelas*. Tapi abis ujian berapa hari kemudian yah lupa semua. Orang ga ngerti. :D

9. Walaupun gw suka ngapal, gw benci bikin tugas. Haha. Apalagi bikin laporan praktikum. Kalo bisa semalem sebelumnya aja baru bikin nungguin temen2 yang rajin punya dulu *oops*. Pokoknya ga demen tugas. Ga demen duduk depan laptop. Kalo bisa dituker, gw mendingan disuruh ngerjain ujian 2 jenis daripada bikin 1 laporan. Haha. Pokoknya tugas dan peer peeran gw malesnya juara. Mungkin karena itu juga ya gw males nulis blog :P *buka aib

10. Dari SMP, gw udah ketemu mata pelajaran favorit. Biologi. kenapa? Karena hapalan donkk. Tapi menurut gw Biologi itu satu satunya hapalan yang berkonsep. Bisa dihapal sembari dipahami. Jadi begitu lulus SMA ya gw ga galau nentuin jurusan, udah tau arahnya. Kalo ga Dokter, Bioteknologi, Teknologi pangan (yang ada sedikit kimianya). Dokter dicoret dari list karena ga ada panggilan dan males ko-ass. haha. Akirnya yaudah bioteknologi aja. Dan sampe sekarang ya kebetulan kerjaan gw nyambung banget masih ya. Haha. Tapi I hate Fisika banget (diulang). Fisika itu yang bikin IPK gw bercela pas kuliah. Lagian kenapa pula Bioteknologi ada mata kuliah fisika. WHY!? haha. 

11. Sejak merantau di negeri singa *halah* I found another (big) passion in life. Apa itu? Life phylosophy (gile berat benerrr coi) sama spirituality. Tapi kayak beneran gw berasa kayak kalo orang aus di padang gurun gitu, ini ketemu oasis. Hahaha. Quenched. Dan life changing experience itu sejak kenal sama buku bukunya Ajahn Brahm. Dan ceramahnya. Like, I adore his thought. Sekalian, buku favorit gw itu Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya. That book really helps me through so many obstacles in life. Apalagi sejak merantau dan jauh dari orang tua, sendirian kerja. Kayaknya kalo ga "berpapasan" sama buku itu dan sang guru sendiri, I won't be who I am now. Jadi dulu awal2 gw demen diskusi2 berat ginian soal kehidupan dll. Sama temen gw di sini dikatain kayak nenek nenek. Hahaha. Sekarang juga sih, cuma ya udah ga seberapi api dulu. LOL. Ga ada waktu juga, ngurusin bayi. haha. 

12. Pengen banget coba meditasi rutin (yang bener tentunya) tapi sayang niat gw belom sebesar itu. Masi dikalahkan banyak hal laen. Lol. Tapi ya berkaitan dengan nomor 11, sejak itu gw somehow bisa merelasikan banyak kejadian dan mencoba menemukan solusinya (buat gw atau buat orang laen). Dan I'm better at looking a positive side at every situation. Lebih positive thinking lah ya. Hehe. Jadi buat gw orang yang negative thinking mulu, kayak patut dikasihanin. Hehe. I look at life from a broader point of view. Ini alesannya kenapa postingan awal gw 2 biji, berkaitan dengan gini2an. Bisa diliat kalo ada waktu. *lumayan naekin view HAHAHA*  Akirnya tambah lama tambah melenceng jadi suka suka aja :p

13. Sekarang mulai sisi ringannya deh yah. Hihi. Untuk kesukaan. Buah gw suka semua (kecuali 1, jambu bol alias jambu monyet) Sepet. Thankfully, itu buah jarang keliatan. Sisanya bener2 bisa gw makan semua. Pilihannya cuma suka apa suka banget. Hal yang sama berlaku buat sayur. Kalo daging, sebelum hamil ian gw cuma suka ayam ikan dan seafood. Sejak hamil sampe sekarang jadi lumayan suka pork dan bisa makan baso sapi (baso doank, sapi dalam bentuk laen ngga). Haha. Warna suka ijo tapi ya gitu gitu aja. Self claim doank :p. Celebrity crush ga ada dan ga pernah punya. Lagu demen yang jadul2 dan selera mainstream tapi ga ada yang sampe suka banget. Ga pernah punya koleksi apa2 (ga seru lo Fan huu). Gw suka fanatik sama 2 hal. Komik Kung Fu Boy, sama Drama Korea Romantic Dr. Kim. Haha. 2 itu gw suka banget. 

14. Urusan makanan yang lebih general, gw itu ga adventurous sama sekali. Play safe doank di comfort zone sama makanan makanan yang gw emang dah kenal dan suka. Jadi buat gw, postingan2 makanan fancy di instagram itu ngga bikin gw "wahh ngiler pengen" sama sekali. Yang bikin gw ngiler itu ya macam postingannya dapur nola *hahaha bantu promosi*. Itu tipe makanan gw banget. Terus kan pernah tuh ya, ada yang share katanya kita jangan sering2 post foodporn di medsos, dan dicontohin makanan2 tukang sapu tukang bangunan dll kalo dipajang di medsos gimana (baca: makanan warteg). Lah itu malah yang bikin gw ngiler.Wkwkw. Piye. Pokoknya buat urusan makanan I am a very boring person. Ga nemu enaknya sushi di mana *jangan toyor aku please* tapi sangat cinta tahu tempe haha. Dan kalo gw boleh bikin aliran baru, gw itu Micinarian. Hahaha. Asal bermicin gw suka biasanya. Dan untungnya gw ada pembelaan buat micin. Micin itu ga bikin bego. Tapi makan micin doank dan ga makan yang laen (4 sehat 5 sempurna) bisa bikin bego ya secara badan kurang nutrisi. Hihi. Valid loh ini dikasitau dosen besar IPB yang salah satu dosen mata kuliah Teknologi Pangan gw. haha. *nyari alesan aja lo Fan*

15. Gw bukan pet lover, sama sekali. Gw ga sampe tahap benci dan pengen nyiksa binatang hahaha *gile sapa tuh serem banget yang kayak gini* tapi any pet ga appealing sama sekali buat gw pelihara dan sayang2. Ya emang ga cinta binatang. Biasa aja. Binatang yang paling gw takutin kalo diurut: 
Pertama. Tikus. OMG. no further explanation needed. takut banget ga bisa ga takut. Haha. Sialnya (banget), di lab gw sekarang every now and then gw musti pake tikus buat penelitian. Tapi untungnya sekarang udah jarang. Pas waktu itu lagi sering, tiap malem gw sampe mimpi buruk tentang tikus habis kerja. Hiii. 
Dua. Kecoa. Buat gw, dari hasil observasi, tipe orang itu terbagi dua. Takut sama kecoa, apa takut sama cicak. Kalo yang  takut sama kecoa, biasa aja mustinya sama cicak. Dan sebaliknya. Nah gw tipe pertama. Kalo ada cicak lewat depan gw ya udah biasa aja. Cicak ga jorok dan ga terbang. Hahah. 
Tiga. Kucing. Kalo dia lewat dan bulunya kena gw, gw pasti akan nangis. Haha. Just can't find the cuteness of cat. Di mana sih. Huhu. 

16. I am an easy spender. Impulsive buyer. You name it. Gw beneran bisa beli barang tanpa mikir sama sekali (bad habit). Udahnya kalo ga kepake yaudah nganggur. Dan urusan uang, gw bukan sama sekali sedikitpun orang yang organized. Pernah kepengaruh salah satu temen sekamar gw dulu buat bikin catatan pengeluaran tiap hari. Bertahan cuma seminggu aja sodara sodara. Dan di lain waktu, coba lagi, cuma bertahan sekitar 3 hari. Yaudah de gw ga bisa emang. Ga ada track sama sekali buat uang peruangan ini. haha. *minta tolong epoi*. Sisi positifnya (pembelaan) ya gw jadi gampang juga buat donasi ini itu (jangan todong gw!) hahaha. 

17. Berkaitan dengan yang nomor 14, gw jg ga adventurous buat travelling. Jadi kalo liat foto orang2 travelling, gw sangat jarang iri. Haha. Apalagi yang backpacking an, gw ngebayanginnya capek banget *males, manja lo Fan* mending duduk manis aja di rumah. Hihi. Mungkin kalo post foto nya di Bali yang di resort bagus gitu baru gw iri hahaha. Dan kalo ada uang banyak, ga pengen travelling gimana si. Beli rumah aja yang bagus modern luas dan homey *cita cita* hahaha. Tapi ya tetep punya sih destination impian (yang yah kalo kesampean bolehh, ga juga yaudah asal rumahnya bagus hahaha), yaitu Jepang. hehe. Ga pengen ke Europe entah kenapa *aneh*. Dan waktu gw travel ke US 2 taon lalu , saking menurut gw itu lama ya 3 minggu di sana. Kayak merasa, udah cukup yuk pulang. LOL. 

18. Suka banget sama cuaca cerah panas ga berangin. Dan gw bisa ngerasa damaiiii banget apalagi kalo lagi di tempat yang ga rame (sekarang bayanginnya aja seneng). Hehe. Ga suka cuaca gelap ujan gloomy. Suka siang daripada pagi atau sore atau malem. Dan kalo misal nih gw tidur siang pas masi cerah dan bangun udah gelap, gw bisa sangat2 gloomy galau ga jelas. Yang ini aneh banget emang. Lol

19. Jijik an banget kalo soal kaki. Makanya gw musti banget sendalan di mana2, termasuk di rumah atau di hotel. TERUTAMA di kamar mandi. Apalagi kamar mandi umum. Kayaknya ngebayangin nyeker di kamar mandi umum itu traumatis banget de (ngebayanginnya doank) hiii *bergidik* . terus kalo liat bulet2 kecil dan banyak (apapun itu) juga bisa merinding disko. haha. 

20. Kayaknya kalo bisa diukur, jiwa seni gw bisa mendekati 0 apa ngga minus deh. Hahaha. Sangat amat ga berjiwa seni. Mau seni musik seni tari seni suara seni menggambar apapun itu deh. Gambar aja gw cuma bisa gambar orang yang kayak tusuk gigi *sob* Smoga Ian mendingan deh ga kayak mamanya. Huhu. Otak gw otak kanan banget deh keknya ni ga imbang. 

Udah kayak baca novel belom? hahaha. Dibonusin lima biji. Segitu dulu ya "sesaat bersama Fanny" nya hahaha. Semoga kalian jadi lebih kenal dan sayang akuh *pada langsung unfollow berjamaah* hahaha jangan yahh. Sampai jumpaaa

Dan selanjutnya gw mau kasi PR buat Renie, Marlin, Rollz,Tiana, Meilani. Silahkannn ditungguu


Cheers!

Fanny 

15 comments:

  1. Hahahaa...fan emg keliatan sih lu orgnya pinter...btw kalo ga suka seni bukannya otak kiri yg dominan ya??

    ReplyDelete
  2. hahaaa...aku baca sampe abisss...akhirnyaa..hihihi piss fann..

    fan minta sumbangan donggg...#ditoyorfani...wkwk

    berarti klo g kemungkinan 80-90% plegmatis nih fan... >.< zzzzz

    gue juga dari dulu niat mao meditasi rutin dan serius, tapi gagal terus fan banyak banget halangannya #alasaann... mihihiihi sementara cukup berbuat baik jangan berbuat jahat aj...hehehe

    ReplyDelete
  3. fan, tapi menurut gua elo bukan kolerik yang kejam. tapi gua memang berasa terkadang lu mendominasi sih. hahahahahahaha..

    sumbangan donk fannnnn.. buat lahiran. hahahahaha.. *dilempar beaba*.

    Hahaha.. bagian diri fanny yang gua gak tau, jadi tau deh. hahahaha..

    ReplyDelete
  4. Aku juga baca ampe abiss, wih kelihatannya sih km kalem, ceria dan keibuan tp ternyata koleris abis yaa :D gak nyangka deh.

    Ak juga punya ingetan yg bagus tp seiring bertambahnya umur malah suka lupaan skrg, dlu kalo apa2 hafal bener *faktor umur* *pheew*

    ReplyDelete
  5. ci fanny keren ihhh, bioteknologi...otaknya tokcer bener cii, ga nyangkaa.

    niatnya bagus banget ci mau meditasi, didukung pastinya ci, semoga segera terwujud yah meditasi nya :)

    ReplyDelete
  6. Fan, sama loh gue juga kalo makanan tuh nyari aman punya, hahahaha. kalo pesen ya itu lg itu lg. Mikirnya "uda yang pasti2 aja dah"

    Ingetan kuat emank lo banget Fan, di grup suka lupa apa tapi lo malah inget banget bahkan detilnya aja bisa inget. Mantabs!! Fan, lo ga cuma observer tapi bakat cenayang juga *lirik epoi* hahahaha


    ReplyDelete
  7. wow... lu suka biologi ya. gua justru paling sebel ama biologi. susah banget hafalannya dan menurut gua gak ada gunanya. hahaha.

    ReplyDelete
  8. Fan, tos banget deh buat bobo pas siang trs bangun udah gelap bikin galau. Gue juga aneh kok perasaan jadi ga enak gitu ya rasanya hahaha. Kayak kehisap gitu energi hidup gue, rasanya jadi galau2 ga enak. Sungguh aneh. lol. Jadi tertarik banget pengen baca si cacing dan kotoran kesayangannya :)

    ReplyDelete
  9. hahhahaa, niat bangettt ini ciii, banyaaak pointnya n panjang2 pula.
    kayak lagi baca essay. hahahhaa

    ReplyDelete
  10. hahaha
    Nulis blog termasuh seni tidak siiih????

    ReplyDelete
  11. Fany si jenius dan kolerik..hahahhaha.. Tapi Fan, muka mu tuh lembut, jadi gak keliatan. Gue juga easy spender Fan, duluu pas msh sekolah, krn kan gak kerja cuma minta ke ortu, hihihihi.. Thank buat PR-nya ya Fan. Ingetan lu soal yg jarang update Blog kuat banget..itu nama2 yg disebut yg paling jarang update.

    ReplyDelete
  12. cicak gak jorok dan gak terbang, tapi bisa jatoh fan huhuhu horor kalo jatoh deket kita

    fan, sumbangan dong.. sumbangan buat jalan jalan wkwkwk gak demen sushi tapi pengen ke jepang, brarti motivasi nya bukan kulineran ya ke jepang :D

    ReplyDelete
  13. wihh choleric tohh fan? hahaha...mirip sih. eh belom pernah ditemplokin cicak kan? beuhh ituuuhhh syok nya gak ilang2 loh...

    ReplyDelete
  14. Orang Kolerik kan nggak merasa butuh teman ahahahaha makanya mgkn dulu empatinya 0 LOL

    Berarti dulu fav banget dong pelajaran Bu Titi huahahaaa naik Titi Dasi maupun Titi Respatiningsih *hebat*

    ReplyDelete